Pulsa Murah All Operator
Royalty Free Stock Images

Pengertian dan Sejarah Facebook

Pasti sebagian besar dari Kamu semua sudah pada tahu kan apa itu facebook?

Pengertian Facebook, Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook)Facebook menurut Wikipedia adalah sebuah situs layanan jejaring sosial atau dengan kata lain jejaring media sosial, yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat.


Siapa sih Pendiri Facebook itu?

Pendiri Facebook adalah Mark Zuckerberg, seorang Mahasiswa Harvard yang lahir pada 14 mei 1984, yang juga mantan murid Ardsley High Scool.

Facebook memiliki lebih dari satu milliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. 

Facebook memiliki beberapa fitur yang dapat menarik perhatian orang banyak seperti; pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lain, pengguna dapat mengunggah foto untuk profil, sampul dan beberapa album yang dapat dibuat sendiri, membuat status, berkomentar pada status sendiri dan status pengguna lain juga pada beberapa kiriman pengguna lain, dapat menambahkan teman dan dapat juga berkirim pesan secara pribadi atau chat, bahkan untuk device yang mendukung facebook dapat digunakan untuk video call.

Untuk dapat menggunakan fitur-fitur facebook tersebut diatas pengguna diharuskan mendaftar terlebih dahulu dengan membuat akun facebook tentunya, setelah itu login ke akun facebook-nya barulah dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia di facebook.

Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?". Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.


Sejarah Facebook

Mark Zuckerbeg ialah Mahasiswa Psikologi dari Universitas Harvard yang merupakan pendiri Facebook. Mark Zuckerberg awal mengenal pemrograman pada saat ia berada dikelas enam, yaitu dari sebuah buku yang berjudul "C++ for Dummies".

Pada awalnya Mark Zuckerberg melakukan eksperimen dengan membuat situs Facemash.com pada 23 Oktober 2003, yaitu situs yang berisi foto-foto dari mahasiswi Harvard dan situs tersebut memperbolehkan pengunjungnya (kebanyakan dari Mahasiswa Harvard) untuk memberikan pilihan diantara dua foto yang dipajang mana yang lebih hot, sexy atau cantik. Dalam waktu semalam berhasil mengupload sampai ribuan foto.

Dari mana Mark memperoleh foto-foto tersebut?
Dia memperoleh foto-foto tersebut dari database komputer milik Universitas Harvard secara ilegal.


Pengertian dan Sejarah Facebook


Seketika situs Facemash.com langsung ramai dikunjungi dan menjadi terkenal. Facemash mampu menarik 450 pengunjung dan menampilkan 22.000 tampilan foto dalam 4 jam pertama dari peluncuran facemash. Akibat ulahnya itu Mark dituntut oleh Universitas Harvard karena dianggap mencuri data milik universitas dan membeberkan privasi tanpa izin. Mark pun dikasuskan keranah hukum, situs facemash-nya pun ditutup dan Dia akan dikeluarkan dari universitas, akan tetapi Mark tidak jadi untuk dikeluarkan dari Universitas tersebut.

Peristiwa tersebut tidak membuat Mark berhenti dari eksperimennya, Mark membuat situs baru dengan nama The Facebook, Mark mendaftarkan domain thefacebook.com yang terinspirasi dari insiden facemash dan dimodelkan seperti friendster. Ia ingin membuat situs yang dapat menghubungkan orang-orang diuniversitas Harvard, agar para mahasiswa dan mahasiswi Harvard dapat saling berkomunikasi dalam menyelesaikan tugas kuliah maupun hal-hal lain yang diperlukan. Mark pertama kali membuat The Facebook didalam kamarnya dalam Asrama Universitas dengan dibantu oleh teman-teman sekamarnya yaitu, Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Chris Hughes dan Andrew McCollum.


Pengertian dan Sejarah Facebook


Ternyata situs barunya itu mampu menarik banyak Mahasiswa Harvard, terbukti dalam waktu 24 jam sudah ada 1200 Mahasiswa Harvard yang mendaftar kedalam situsnya itu.

Setelah 6 hari sesudah peluncuran tersebut, dikatakan bahwa ternyata Mark juga sedang dalam pengembangan situs lain yang disebut HarvardConnection.com untuk Cameron Winklevoss, Tyler Winkelvoss dan Divya Narendra yang akhirnya menuntut Mark dengan tuntutan bahwa ia telah mencuri ide mereka, yakni Facebok. Setelah 4 tahun proses dalam pengadilan, akhirnya Mark dan pihak-pihak ini menyelesaikan masalah tersebut dengan solusi yang dirahasiakan.

Tidak lama sesudah peluncuran dan perkembangan dari thefacebook.com, Co-founder dari Napster, yaitu Sean Parker menemukan thefacebook.com di komputer pacarnya. Ia kemudian pergi ke New York untuk menemui Mark yang pada akhirnya ia mulai menjadi penasihat thefacebook.com secara tidak formal. Pada awalnya anggota dari situs milik Mark ini hanyalah sebatas mahasiswa Harvard saja, akan tetapi pada Maret 2004 thefacebook.com mulai memperluas diri ke universitas-universitas lain karena banyaknya permintaan dari mahasiswa-mahasiswa universitas lain untuk ikut menjadi anggota thefacebook.com.

Pada bulan Juni 2004, Facebook mendapatkan investasi pertamanya dari Peter Theil, founder PayPal sebesar $ 500.000 sebagai ganti dari 10.2% saham perusahaan. Sean Parker juga diangkat menjadi presiden dari perusahaan yang baru berdiri tersebut. Thefacebook.com terus berkembang sampai pada 30 Desember 2004 hingga penggunanya mencapai lebih dari satu juta orang. 

Pada bulan Agustus 2005, thefacebook.com berganti nama menjadi facebook.com dengan harga $ 200.000 (200.000 US Dolar). Pada tahun tersebut, Facebook.com mendapatkan berbagai investor dan mulai bekerjasama dengan Apple dan Microsoft. Di akhir 2005, Facebook telah menyebar di US, Canada, Mexico, UK, Australia, New Zealand dan Irlandia.


Facemash pendahulu facebook (sejarah facebook)


Tahun-tahun berikutnya tidak begitu cerah bagi Facebook. Hal ini disebabkan Facebook mengalami kerugian sampai pada batas Facebook harus menjual saham-sahamnya untuk membalikkan kembali aliran pendapatan ke arah positif. Tetapi walaupun begitu, Facebook terus berkembang hingga di tahun 2009 Facebook mulai berhasil meningkatkan pendapatannya kembali ke angka yang positif.

Hingga sampai sekarang ini Facebook sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengannya dan banyaknya peng-iklan yang memasang iklan pada Facebook, hingga sampailah Facebook kepada kita sebagai penggunanya... :)


Sumber : wikipedia, mylife, tahupedia dll.

0 Response to "Pengertian dan Sejarah Facebook"

Posting Komentar

Site Info

Free counters!